Catatan dari Balikpapan

Balikpapan, kapan ya bisa kesana? berawal dari iseng-iseng nyari tiket murah pesawat JKT-BPN (jakarta-balikpapan pp) akhirnya saya bisa juga bersilaturahmi ke Mas Bondan sekeluarga: Mbak Mila-Alfin-Intan. hehe
Desember 2009, tepatnya tanggal 4-6, tercapailah harapan untuk bisa beranjangsana ke Balikpapan. Via Lion Air, menempuh waktu sekitar 2 jam 5 menit.
Setiba di Bandara Sepinggan Balikpapan, langsung dijemput deh hehe. Dengan Espas silver kami menuju ke ke rumah. Karena sudah masuk waktu sholat maghrib kami pun singgah ke mesjid untuk sholat, lalu makan malam di tepi pantai...apa ya nama tempat makannya? (apa ya Mas Bondan?) haha, kalo ga salah si Melawai... yang diinget cuma menunya: bebek goreng, pisang gapit..maknyus dengan sumilir angin pantai di malam hari. Selanjutnya kami pulang ke rumah dengan pemandangan kota Balikpapan di malam hari yang khas di tepi pantai, indahnya. Kebayang gimana panasnya ya? tapi sewaktu saya kesana lagi gak panas, biasa aja...malahan lebih panas kota Subang haha.
Hari kedua, diawali dengan nyari oleh-oleh di Kebun Sayur...tapi janganharap bakal ketemu yang namanya kangkung, bayam, wortel dkk haha...ini pasar yang khusus menjual oleh-oleh khas Balikpapan ataupun Kalimantan Timur pada umumnya dan malah Kalimantan kayaknya, karena saya sempat melihat batu-batu mulia dari Martapura ataupun kerajinan dari Getah Nyatu kalimantan Tengah. Selain barang-barang dari kota lain tersebut, disini tentu lebih banyak menyediakan barang-barang khas Kalimantan Timur tentunya seperti pakaian-pakaian serta pernak pernik Dayak Kalimantan TImur yang berciri khas berwarna cerah seperti kuning.
Nah ini dia pas parkir di Kebun Sayur, kejauhan dari trotoar mas haha...ya sudahlah..saatnya belanja.
Dan di pasar ini oleh-oleh yang dapat dicari adalah berupa sarung khas Samarinda, Amplang-makanan khas, Ukiran2 dayak,kaos khas balikpapan, batu2 Martapura dan juga ada Lampit-tikar rotan.
Beres belanja oleh2, langsung makan siang di RM Kenari, deket Bandara Sepinggan.
wuaaahhh kuliner mulu ya hehe...perjalanan kesana melintasi kota Balikpapan di siang hari, wuah bener bener kelihatan indahnya kota di tepi pantai....luar biasa Indonesia. Setibanya di RM Kenari, langsung disuguhkan dengan menu andalan khas Balikpapan: Kepiting Lada Hitam.
wuiih yuammik banget, menu 1 porsi buat 4 orang bener-bener mengenyangkan...sensasi lada hitamnya hmmm, jadi pingin kesana lagi. Setelah makansiang selesai, perjalanan menuju masjid untuk dhuhuran , sehabisnya langsung meluncur ke Kemala Beach yang tak jauh dari masjid...wah indahnya, pantai deket kota, deket bandara...
Dari Kemala Beach, langsung nyari kerupuk macan ama bapia khas balikpapan. Kuku macan itu krupuk ikan tjap kuku macan hehe, rasnya uenak..Nah kalo bapia balikpapan beda ama jogja, ukurannya lebih gede. Cocok buat mbalang kirik haha.
Oh iya, tau pisang Gapit? itu cemilan khas balikpapan (kuliner again haha mumpung ama Pak Bondan)...kenapa disebut Gapit? sebenernya pisang ini dibakar dan di japit pake penjepit pas dibakar, terus disajikan dengan saos gula merah dan bisa dicampur keju hmmm maknyusss... mau tau cara buatnya? ini dia resepnya hehe http://indorecipe.com/bl0g3/?p=2925.
Ini dia foto Pisang Gapit:
Hari ketiga, last day... Hari minggu pagi di Balikpapan, menuju Lapangan merdeka Pertamina Balikpapan...
lagi2 pemandangan indah, lapangan semacam Gasibu di Bandung...rame penjual pasar kaget dan yang berolahraga, tapi ini deket ama pantai, sumilir angin pagi yang suejuk...apalagi sarapan ama *aduh apa ya nama makanan ini? lupa...ini dia fotonya:
Mirip lontong kari ya...hehe *hmm penasaran apa namanya ya.
Saatnya pulang...hehe balik ke jakarta dengan setumpuk oleh2 dan tentunya 1 box kepiting lada hitam...tapiiiii si kepiting di culik ke Bogor huhu ..ada yg ngidam soalnya haha ya sudahlah yang penting ada ongkos gantinya haha... perjalanan yang indah. Maturnuwun buat Mas Bondan sekeluarga hehe...

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Paling mantap makan ikan bakarnya.
kalau kepiting saya lebih suka kepiting tambora.

rudhyblogger mengatakan...

wuehehe...nanti dicoba menu yang lain kang haji...

Posting Komentar